PPID UNJA

20 Mahasiswa Prodi Sistem Informasi FST Praktek MBKM diberbagai Instansi di Jakarta

MENDALO,- Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah program yang dicanangkan oleh Mendikbud, Nadiem Anwar Makarim yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja, ada 8 kegiatan dalam MBKM yaitu Pertukaran Pelajar, Magang atau Praktik Kerja, Asisten mengajar di satuan pendidikan, Penelitian atau Riset, Proyek Kemanusiaan, Kegiatan Wirausaha, Studi atau Proyek Independen dan Membangun desa atau Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT).

Universitas Jambi saat ini tengah gencar melakasanakan 8 program MBKM tersebut, salah satu diantaranya adalah Magang atau Praktik Kerja yang dilaksanakan secara offline di Jakarta.

Ketua Program Studi Sistem Informasi Dedy Setiawan, S.Kom., M.IT. mengatakan Fakultas Saintek mengirimkan 20 orang mahasiswa untuk magang dibeberapa instansi pemerintahan dan swasta yang ada di Jakarta.

“ Alhamdulillah, semester ini Prodi S1 kita mengirimkan 20 mahasiswa yang mengikuti MBKM Kemendikbud yang dilaksanakan secara offline dan ditempatkan dibeberapa instansi pemerintahan dan swasta yang ada di Jakarta, seperti di Kementrian Agama, Ruang Guru, Telkom, Icon +, Kementrian agraria dan tata ruang serta perusahaan IT yang ada di Jakarta,” ujar Dedy Setiawan.

Saat ini 20 mahasiswa tersebut mengambil program MBKM magang dan studi Independent.

“ Mereka berangkat pada hari senin (4/4/22) kemarin, untuk semua pembiayaan ditanggung oleh pihak Kemendikbud baik itu tiket pesawat pulang pergi dan biaya hidup perbulan sebesar 2,8 juta rupiah,” tutur Dedy.

Selanjutnya ia mengatakan mahasiswa tersebut akan menjalankan masa magang selama 1 semester dengan 20 SKS, kedepan ia bersama tim berencana melalukan monev kepada mahasiswa yang melaksanaakan magang tersebut.

“ Kita akan izin dulu ke pimpinan, kalau memungkinan kita akan melakukan monev ke sana,” Pungkasnya.

Silvia yuliansari/HUMAS

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *