PPID UNJA

Dukung MBKM, UNJA Jalin Kerjasama Dengan BPS

MENDALO,- Universitas Jambi bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi melakukan Penandatangan Nota Kesepahaman, kerjasama ini merupakan sebagai bentuk komitmen BPS untuk membantu kebutuhan mahasiswa terkait layanan statistik baik berupa data, publikasi, mikro data maupun konsultasi data, kegiatan berlangsungn di Ruang Senat Gedung Rektorat Lantai III UNJA Mendalo, Selasa (19/4/22).

Hadir dalam kegiatan Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi, Prof. Dr. Rer.nat Rayandra Asyhar,M.Si, Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr, Drs. Kamid, M.Si, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangna, Ir. H. Yusrizal, M.Sc.,Ph.D, Kepala BPS Provinsi Jambi, Agus Subigyo beserta rombongan, Direktur Pascasarjana, dan Dekan Dilingkungan Universitas Jambi.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi, Prof. Dr. Rer.nat Rayandra Asyhar,M.Si dalam sambutannya berharap dengan adanya kerjasama ini damapt membaawa manfaat bagi Universitas Jambi, BPS dan Masyarakat luas tentunya.

“ Mudah-mudahan apa yang kita lakukan dapat bermanfaat dan setelah penandatangan MoU ini kita akan tindak lanjuti ke MoA dilanjutkan dengan PKS,” ujar Prof. Rayandra.

Sementara itu Kepala BPS Provinsi Jambi, Agus Sudibyo mengatakan data hasil statistik sangat dibutuhkan juga untuk kajian ilmiah dan penelitian, bahkan apa yang dihasilkan oleh BPS berguna bagi peneliti dan para akademisi, hal tersebut dapat dilihat dalam profil layanan statistik tahun 2021 yang menyebutkan bahwa pengguna layanan statistik terbesar adalaha kalangan mahasiswa dan akademisi.

“ Sebanyak 58% mahasiswa, akademisi dan institusi perguruan tingg menggunakan data BPS untuk kepentingan penelitian, untuk itu perlu kiranya BPS mengadakan kerjasama dalam bentuk nota kesepahaman,” terang Agus Sudibyo.

Selain itu ia juga mengatakan BPS mendukung program akademik terkait Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan menyediakan layanan statistik yang mudah, edukatif, atraktif, interaktif serta tidak terbatas ruang dan waktu.

“ Nota kesepahaman ini merupakan kolaborasi yang baik antara BPS sebagai pembina data statistik dengan Universitas Jambi yangn berperan sebagai penyelenggara statistik khusus.

Kegiatan yang akan dibangun bersama dengan perguruan tinggi diharapkan akan makin mendekatkan layanan statistik BPS ke pengguna data di lingkungan akademisi, juga akan meningkatkan literasi dan kesadaran statistik sehingga mampu berkontribusi signifikan terhadap penguatan Sistem Statistik Nasional (SSN).

Silvia yuliansari/HUMAS

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *