PPID UNJA

Meilinda Sapitri Mahasiswi Ilmu Pemerintahan, Wakili UNJA Dalam ToT KEMENDIKBUDRISTEK

JAWA BARAT,- Melinda Sapitri Mahasiswi Prodi Ilmu Pemerintahan Fakultas Hukum Universitas Jambi (UNJA), berhasil mengikuti kegiatan ToT (Training of Trainer) yang diselenggarakan oleh KEMENDIKBUDRISTEK pada tanggal 20-30 April 2022 di Depok Jawa Barat.

Peserta dalam kegiatan ini merupakan perwakilan dari 34 provinsi yang berasal dari beberapa PTKIN, PTN serta PTS di seluruh Indonesia. Kegiatan ToT menjadi pembekalan atau sosialisasi mengenai kebijakan dan program KEMENDIKBUDRISTEK dalam rangka mewujudkan komunikasi kebijakan kepada publik sekaligus membangun hubungan yang lebih erat dengan komunitas/masyarakat.

Menurut Erwin Tobbing, selaku Stafsus KEMENDIKBUDRISTEK, mengatakan bahwa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MB-KM) merupakan salah satu kebijakan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makariem. Salah satu program dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka adalah Hak Belajar Tiga Semester yakni dua semester di luar kampus dan satu semester di luar Program Studi. Itu sebabnya pelatihan ini juga sebagai sarana penting untuk mencapai implementasi kebijakan tersebut.

Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan Universitas Jambi, Makmun Wahid S.IP., M.A., menuturkan bahwa Prodi Ilmu Pemerintahan Universitas Jambi memiliki komitmen yang kuat untuk ambil bagian dalam mensukseskan program MBKM.

“ Itu sebabnya, capaian yang diraih oleh Meilinda selain hasil yang membanggakan, ini juga menjadi ruang baru bagi kami untuk terus mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi dalam mengimplementasikan Kampus Merdeka,” terang Makmun Wahid.

Selain itu, ia juga berharap capaian ini bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa yang lain untuk dapat mengikuti jejak Meilinda dengan cara lebih aktif berkreasi dan menggali informasi mengenai kegiatan-kegiatan inovatif lainnya dari program MBKM.

Sementara itu Meilinda Sapitri mengatakan banyak sekali mendapatkan pembelajaran dan pengalaman baru, baik dari segi ilmu pengetahuan yang telah di paparkan langsung oleh Staf Khusus KEMENDIKBUDRISTEK, maupun cara berinteraksi bersama teman-teman yang terdiri dari 34 provinsi di Indonesia.

Ia mengaku senang sekaligus bangga bisa menjadi salah satu perwakilan dari Provinsi Jambi, sehingga menjadi motivasi tersendiri untuk semakin semangat dan terus berkembang, seperti salah satu ucapan ibu Ainun Chomsum selaku Stafsus KEMENDIKBUDRISTEK, mengatakan bahwa, manusia yang sukses itu adalah manusia yang mempunyai kebermanfaatan kepada masyarakat.

“ Dengan kegiatan ini semoga bisa membantu teman-teman dalam mengatasi problematika pada program kampus merdeka dan memotivasi teman-teman untuk terus mengembangkan diri baik dari segi akademisi maupun non akademisi, menjadi bermanfaat untuk orang lain, karena kunci kesuksesan di era digital saat ini adalah dengan memulai mempunyai empati di dalam diri sendiri,” pungkas Meilinda.

HUMAS/ISTIMEWA

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *