PPID UNJA

Metode Monitoring Ikan Air Tawar Peneliti UNJA Dipresentasikan dalam Lokakarya Pakar IBI-KOBI

MENDALO,- Wakil Dekan Bidang Akademik, Kerja Sama, dan Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UNJA, Dr. Tedjo Sukmono, S.Si., M.Si., menjadi pemateri dalam kegiatan Lokakarya Pakar Biodiversitas dengan tema ‘Ayo Pulang Ke Kotamu’, yang diselenggarakan oleh Komite Indeks Biodiversitas Indonesia (IBI) dan Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI) pada 18-20 Mei 2022 di Yogyakarta.

Kegiatan ini merupakan ajang dalam rangka kesiapan penggunaan protokol pengelolaan data IBI mengenai pengukuran status dan tren indeks tentang keanekaragaman hayati Indonesia yang menekuni bidang keilmuan tentang keanekaragaman hayati flora dan fauna, seperti ilmu taksonomi, ekologi dan lingkungan, serta bidang ilmu spesialisasi hayati lainnya dengan jumlah 15 pakar.

Dr. Tedjo Sukmono, S.Si., M.Si., menyampaikan materi tentang metode monitoring ikan air tawar yang dilakukannya di perairan Hutan Harapan Jambi. Beliau memaparkan proses dari awal monitoring berupa penentuan stasiun sampling ikan, pengawetan, hingga identifikasi spesimen.

“Saya mewakili UNJA menjadi perwakilan satu-satunya dari Perguruang Tinggi yang ada di Sumatera. Luar biasa rasanya bisa berdiskusi bersama banyak pakar biodiversitas di sana, ada pakar semut, pakar gajah, dan pakar hayati lainnya. Saya membahas tentang metode monitoring ikan air tawar. Dari kegiatan ini membuahkan hasil bahwa pakar-pakar lainnya akan mengunjungi Jambi dalam waktu dekat untuk bersama-sama berbagi ilmu tentang bidang hayati yang dikuasai,” ungkap beliau.

Dimas Anugrah Adiyadmo

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *