PPID UNJA

Mahasiswa Prodi Sastra Indonesia UNJA Meraih Juara 2 Lomba Esai Nasional

JAMBI,- Mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia FKIP UNJA, Yuliani Eka Putri berhasil meraih juara 2 lomba esai dalam ‘Kompetisi Bahasa dan Sastra Indonesia (KOMBASI) Tahun 2022 Tingkat Nasional’ yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (HIMADIKSASI) Universitas Wiralodra Indramayu pada tanggal 21 Mei 2022.

Kegiatan lomba ini diikuti oleh puluhan mahasiswa baik dari internal Universitas Wiralodra dan juga beberapa perguruan tinggi se-Indonesia. Hadiah juara yang didapatkan berupa sertifikat, piala, dan uang pembinaan.

Yuliani Eka Putri atau yang biasa disapa Yuka, menceritakan motivasi dan persiapannya sebelum mengikuti lomba ini.

“Saat orang lain bersantai, saya harus bergerak. Kegagalan memotivasi saya untuk terus berkarya, keberhasilan memotivasi saya untuk terus belajar. Saya tidak akan menjadi penonton saja, saya akan bermain di dalamnya. Karena kegagalan adalah sebuah keberhasilan yang tertunda. Saya mempelajari apa sub tema yang akan diambil, lalu membaca jurnal-jurnal yang terkait, merevisi kalimat yang berlebihan dan yang paling utama adalah berdoa serta minta restu kepada kedua orang tua,” ujar Yuka.

Gadis kelahiran Tebing Tinggi 14 Mei 2002 ini mengungkapkan perasaan dan harapannya setelah menjuarai kompetisi ini.

“Alhamdulillah senang sudah pasti. Saya merasa ini menjadi sebuah tanggung jawab yang harus dipertahankan. Dari perjuangan ini, memacu saya untuk bergerak ke tingkat internasional. Harapan saya ke depannya ingin membawa nama Universitas Jambi keluar dari Provinsi Jambi. Saya ingin mengikuti lomba dan membawa nama Universitas Jambi. Saya akan buktikan bahwa Universitas Jambi juga mampu bersaing di luar bahkan di kancah internasional. Langkah saya selanjutnya akan terus belajar dan menekuni bidang ini, dikarenakan saya tertarik dalam hal kepenulisan esai maka saya akan terus berjalan bersamanya,” jelas Yuka.

Ketua Prodi Sastra Indonesia FKIP UNJA, Liza Septa Wilyanti, S.Pd., M.Pd., menyampaikan ucapan selamat dan harapannya terkait prestasi yang diraih salah satu mahasiswanya.

“Alhamdulillah. Keluarga besar Prodi Sastra Indonesia mengucapkan selamat atas prestasi yang telah diukir ananda Yuliani Eka Putri sebagai Juara 2 Lomba Esai pada Kompetisi Bahasa dan Sastra Indonesia tingkat Nasional 2022 yang diselenggarakan oleh Universitas Wiralodra. Semoga pencapaian ananda Yuliani ini menjadi inspirasi dan motivasi bagi mahasiswa Sastra Indonesia lainnya untuk terus bersemangat untuk meningkatkan kualitas diri dan berkompetisi di tingkat nasional. Sekali lagi, terima kasih telah membawa nama harum Prodi Sastra Indonesia FKIP UNJA di kancah nasional,” ujar beliau.

Dimas Anugrah Adiyadmo/HUMAS

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *